Email admin@smpn14tangerang.sch.id
Telepon (021) 5545847
Whatsapp 081511201929

Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Dalam Kurikulum Merdeka sebagai Bentuk Penguatan Siswa/i Dalam Kegiatan KBM

Source asli_milik_smpn14tgr

Dikutip dari laman ditpsd.kemendikbud.go.id, Kurikulum Merdeka adalah Kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022. P5 ini adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaca pencapaian kompetensi. Juga sebagai cara untuk membangun karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang berdasar dengan Standar Kompetensi Lulusan.

Dilaksanakannya Penerapan P5 ini pada bulan Februari,2024 didasarkan pada kebutuhan yang berada pada lingkungan sekitar satuan pendidikan SMP Negeri 14 Kota Tangerang, yang artinya para siswa/i pelajar SMP Negeri 14 Kota Tangerang diajak untuk belajar dari lingkungan disekitarnya.

Dalam penerapan P5 Kurikulum merdeka, terdapat empat prinsip penting. Diantaranya;

  1. Holistik : Holistik bermakna Memandang sesuatu secara ituh dan menyeluruh
  2. Kontekstual : Artinya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Berpusat pada Peserta Didik : Prinsip ini menjadikan peserta didik sebagai subjek pembelajaran yang aktif untuk mengelola proses belajarnya secara mandiri. Peserta didik juga berkesempatan memilih dan mengusulkan topik sesuai minat dan bakatnya, sementara pengajar menjadi fasilitator.
  4. Eksploratif : Berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang bagi pengembangan diri dan ikuiri.

Nah, demikian penjelasan P5 dalam kurikulum merdeka. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan kalian ya, palasters!